Cara Menjaga Suara

Cara Menjaga Suara

Memiliki suara indah dan dinikmati banyak orang tak hanya dapat dimiliki para penyanyi dan presenter ternama. Kini semua orang berhak memilikinya. Dengan memperhatikan dan mengikuti beberapa tips berikut, dipastikan Anda dapat menjaga kesehatan dan keindahan suara :
  • Dengarkan suara Anda
    Suara serak dapat menjadi indikasi dari gejala sederhana seperti radang tenggorokan atau serius seperti kanker laring. Jika suara serak Anda berlangsung lebih dari beberapa minggu, terutama jika Anda merokok atau jika Anda tidak memiliki dingin-seperti gejala lain, segera periksakan ke dokter spesialis suara.
  • Berhenti selamanya
    Rokok, nikotin, bahan-bahan kimia, dan inhaler dapat membuatperadangan dan pembengkakandan menyebabkan kanker pada tenggorokan, mulut, hidung, dan paru-paru.
  • Hindari minuman beralkohol
    Mengkonsumsi alkohol dan kafein dapat membuat efek dehidrasi yang mampu merenggangkan lipatan suara Anda. Menikmati satu gelas air mineral dan segelas kopi atau teh dapat mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Kurangi volume
    Kurangi berteriak dengan sangat keras dan berbicara dengan volume yang besar, karena kegiatan ini dapat merenggangkan pita suara Anda dan merusaknya.
  • Lakukan pemanasan
    Selalu lakukan pemanasan sebelum bernyanyi, mengajar, atau menyampaikan pidato. Perenggangan leher dan bahu, humming atau bermain suara dari nada rendah kenada tinggi dengan menggunakan suara vokal yang berbeda dapat Anda lakukan guna mendapatkan suara yang maksimal.  Lip trills dan tounge trills juga dapat menjadi referensi pemanasan lain di waktu senggang.
  • Dapatkan bantuan untuk reflux
    Asam yang berasal dari perut ke tenggorokan dapat merusak pita suara. Tanda-tanda asam reflux dapat berupa seringnya mulas, rasa tidak sedap pada mulut di pagi hari, kembung dan sering bersendawa, benjolan di bagian belakang tenggorokan, dan suara serak yang tak kunjung pulih. Jika hal tersebut terjadi, segera konsultasikan kepada spesialis Gastrointestinal (GI) untuk membantu.
  • Jangan memaksa
    Ketika serak Anda berasal dari laringitis, pilek, atau flu, Anda tidak perlu ambil pusing. Hindari berbicara keras atau panjang. Tetaplah menjaga suara Anda dan bahkan saat Anda bernyanyi hingga Anda merasa benar-benar lebih baik. Hindari membersihkan tenggorokan dan batuk yang keras dan sering ketika Anda terserang postnasal drip atau pilek. Sebaliknya, cobalah minum air atau obat batuk.
  • Beristirahatlah
    Jika Anda telah melakukan banyak aktifitas yang membutuhkan tenaga untuk bersuara terlalu sering dan besar, biarkan diri Anda beristirahat.
  • Cobalah minuman dingin dan bersih
    Meminum banyak air selalu dapat membantu melicinkan pita suara Anda. Selain itu tidak merokok dan membatasi kegiatan menjerit dan berteriak. Berbicara penuh, bernafas sedalam-dalamnya, dan berhenti mengambil nafas sebelum Anda kehabisan udara. Jika suara Anda mulai merasa lelah atau kasar, tubuh Anda akan memberitahu Anda untuk berhenti beraktifitas dengan menggunakan suara.
Sumber :
meetdoctor

Terkait : Cara Menjaga Suara

Popular Posts

Category

Biola (7) Blog Tips (19) Blues (1) Classic (2) Drum (3) Genre (10) Guitar (38) Harmonica (12) Instruments (74) Jazz (2) Keyboard (4) Lyric (28) Lyric Barat (18) Lyric Indonesia (10) MP3 (44) MP3 Barat (11) MP3 Indonesia (33) Music (206) Music Corner (17) Piano (8) Pop (3) Rock (3) Saxophone (2) Tips & Trick (16) Vocal Tips (22) Vocal Tips English Version (9)

Archive

Chat Box

Site Map

Like Us !