Cara Bermain Harmonika Diatonik

Cara Bermain Harmonika Diatonik

Dari berbagai jenis susunan diatonik yang paling populer adalah jenis "major diatonik",umumnya bernada nada dasar C, namun setiap buah harmonika mempunyai nada dasar yang bervariasi dari C sampai ke G, susunan lubangnya sama, biasanya setiap nada dasar yang berbeda di gunakan untuk transpose nada untuk permainan lubang nada yang sama. Harmonika diatonik jenis ini lebih sering di pergunakan para pemain Blues dan Rock, dan sebagian pemain Jazz. Diatonik mempunyai 10 lubang.Saya memutuskan menggunakan harmonica Diatonik Karena kemudahanya dan simple.Nada dasar harmonica saya  adalah C,dan hanya 10 lubang. Cara memegang harmonica yang benar sangatlah mudah.
 
Cara Memegang :

Cara Bermain Harmonika Diatonik

Silahkan pilih sendiri deh dari 4 di atas yang sekiranya enak.
Setelah itu letakan bibir brur and sist di Harmonikanya, satu yang perlu di inget, kita mulai dari sebelah kiri ke kanan dengan catatan Semakin besar angka di lobang yang ditiup atau disedot, semakin tinggi not yang dihasilkan.

1.    Setelah itu kita mulai dengan Do Re Mi nya yah….
2.    Lobang Nomer 4 ditiup = Do rendah atau Do awal
3.    Lobang Nomer 4 disedot = Re
4.    Lobang Nomer 5 ditiup = Mi
5.    Lobang Nomer 5 disedot = Fa
6.    Lobang Nomer 6 ditiup = Sol
7.    Lobang Nomer 6 disedot = La
8.    Lobang Nomer 7 disedot = Si
9.    Lobang Nomer 7 ditiup = Do tinggi
10.  Kalo di tabs bakal jadi gini : 4+ 4 5+ 5 6+ 6 7 7+

Keterangan : nomer yang diikutin tanda “+” maksudnya ditiup, kalo yang nomer doang itu tandannya disedot.

Usahakan untuk bener-bener tiup satu lobang aja, jangan sampai bocor ke kanan atau ke kiri karena nanti bunyinya jadi double-double.Tehnik pernafasan : kita pakai pernafasan perut brur. Maksudnya tiup mulut kita niup perut kita kempes, tiap kita sedot perut kita gembung. Banyak pemula yang kadang main asal tiup aja, dan makai pernafasan rongga dada yang jelas bakal niup atau nyedot dengan power yang besar sehingga merusak reeds dari harmonika itu sendiri yang ujung-ujungnya ngerusak.Untuk sementara, hafalin dulu Tangga Nada yang tadi saya mainkan, kalo sudah lancar dibalik jadi mulai dari Do tinggi alias lobang nomer 7 ditiup jalan ke lobang nomer 4 ditiup. Kalo sudah lancar nanti saya kasih beberapa tabs lagu untuk tahap pemula, caranya Bending yang gampang, dan caranya Tounge Split yang gampang juga tentunya.

Terkait : cara bermain harmonika, cara cepat bermain harmonika, bermain harmonika it mudah, tips bermain harmonika

Popular Posts

Category

Biola (7) Blog Tips (19) Blues (1) Classic (2) Drum (3) Genre (10) Guitar (38) Harmonica (12) Instruments (74) Jazz (2) Keyboard (4) Lyric (28) Lyric Barat (18) Lyric Indonesia (10) MP3 (44) MP3 Barat (11) MP3 Indonesia (33) Music (206) Music Corner (17) Piano (8) Pop (3) Rock (3) Saxophone (2) Tips & Trick (16) Vocal Tips (22) Vocal Tips English Version (9)

Archive

Chat Box

Site Map

Like Us !